INSPIRASI UNY #3

“Ada Cerita Dibalik Goresan Warna”

“Yuk, terus berkarya! Ide – ide kita terlalu luar biasa untuk diabaikan” – Della Naradika.

            Della Naradika atau yang kerap disapa Della, lahir di Klaten pada tahun 1998 yang kini menetap di Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Sekarang ini tangah menempuh kuliah di program studi Pendidikan Seni Rupa UNY angkatan 2016. Della aktif menulis dan mengikuti pameran karya seni. Ketertarikan Della pada dunia seni rupa anak membawanya menjadi  Kurator Gambar Anak di Sahabat Gorga Yogyakarta.

Prestasi yang pernah diraih Della adalah :

  1. Juara 1 lomba lukis tingkat Kota/Kab Lubuklinggau
  2. Juara 2 Cipta Puisi pada Pekan Seni Mahasiswa se-DIY
  3. Ilustrator Komik Anak Lutung Kasarung (Balai Pustaka)
  4. Kurator Gambar Anak di Sahabat Gorga
  5. Patung yang berjudul “Ibu” mendapat Penghargaan Nyawiji sebagai karya terbaik
  6. Penulis buku Gambar Anak dan Kisah-kisahnya (Penerbit Gorga)
  7. Penulis buku Masa Depan pada Gambar Anak-anak (segera terbit)
  8. Mahasiswa berprestasi UNY

Della mulai menyukai kegiatan gambar – menggambar sejak bangku sekolah dasar, hal itu semakin mendalam kala berhadapan dengan mata kuliah “Lukis Anak” menganalisis makna yang terkandung dalam lukisan yang dibuat oleh anak – anak. Sampai saat ia bertemu dengan Sahabat Gorga, yang merupakan komunitas yang bergerak di bidang literasi anak, dan menggunakan pendekatan seni rupa anak. Ia semakin tertarik dengan seni rupa anak hingga menjadi salah satu kurator gambar anak di Sahabat Gorga.

Dari menjadi kurator itu gambar anak, ia dapat membuat buku berjudul “Gambar Anak dan Kisah – Kisahnya” yang terbit pada tahun 2019 lalu. Buku tersebut merupakan hasil dari analisis gambar / karya anak – anak yang ia dampingi saat bersama dengan Sahabat Gorga. Bukan hanya itu, rencananya pertengahan tahun ini Della akan menerbitkan buku keduanya yang berjudul “Masa Depan pada Gambar Anak”.

Bagi Della, melukis itu sebagai cara untuk menyalurkan pendapat, perasaan, ide, dan emosi melalui karya visual, karena menggambar itu bisa mewakili perasaan dan gagasan. Dengan menggambar, ia bisa menyampaikan keluh kesah, menuangkan kesedihan, dan emosi tanpa harus melakukan tindakan atau hal – hal negatif. Ketika menggambar, ia dapat bercerita tentang konsep hidup, makna dari setiap goresan yang ia tuangkan dalam gambar. Della menganggap bahwa menggambar adalah hal yang special karena gambar yang dibuatnya adalah cerminan dari dirinya sendiri.

Untuk kedepannya Della akan terus memperdalam dunia seni rupa anak – anak dan mengambangkan batik. Memadukan dua komponen tersebut menjadi sebuah upaya untuk terus mengedukasi dan melestarikan budaya bangsa.

Apalah arti bakat jika tak digunakan dengan tepat. Dan apalah arti karya jika tak memberi guna.

Categories: Inspirasi UNY

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *